Jumat, 05 Juli 2013

Wayang Flanel

Educative Toys
WAYANG FLANEL
(Felt Wayang)

Saat mati lampu, saat gelap pun anak-anak masih bisa belajar lho. 
Yuk, gunakan Wayang Flanel sebagai media belajar melalui cerita! Bisa belajar menyusun kata-kata, belajar membuat kalimat, belajar berdialog, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa dipelajari melalui cerita/dongeng lho.
Hayooo, siapa yang mau jadi dalangnya???







Banyak orang tua yang kesulitan mendongeng, apakah 

Anda termasuk salah satunya?

Mendongeng sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan orang tua. Namun, masih banyak orang tua yang justru merasa kesulitan saat mendongeng untuk anaknya.

Menurut Awam Prakoso, seorang pendongeng dari Kampung Dongeng, banyak dari mereka mengaku tidak bisa bercerita, padahal pada dasarnya semua orang mampu bercerita.

“Mendongeng itu mudah, ceritanya bisa diambil dari kejadian sehari-hari atau hal-hal yang menarik di sekitar kita. Yang penting orang tua harus pandai mengkreasikan cerita tersebut dan membuat cerita dongeng dengan hubungan sebab-akibat, sehingga lebih mudah dicerna oleh anak,” ujar Awam yang mampu menirukan suara-suara binatang.



Mendongeng memiliki banyak manfaat bagi orang tua dan anak, termasuk meningkatkan hubungan emosional di antara keduanya.

“Mendongeng sebagai kegiatan sehari-hari sangatlah penting untuk menciptakan manusia yang memiliki kecerdasan emosional dan intelektual,” kata psikolog anak Efnie Indrianie.

Menurut Efnie, cerita dalam sebuah dongeng hendaknya terkandung nilai moral yang akan menjadi panutan bagi anak hingga dewasa kelak. Bukan hanya itu, mendongeng juga perlu menampilkan kegiatan yang bisa menarik perhatian anak.

“Anak-anak usia balita masih mengandalkan indera pengecap sehingga untuk memulai satu kegiatan, termasuk mendongeng, dapat diawali dengan memberikan cemilan, misalnya es krim, yang dapat membuat mereka tertarik perhatiannya,” katanya.

Sumber : psikologizone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar